+62271 788 9342
bwi@watchbusiness.org

Penguatan Tim Internal Control System (ICS) Program Kelapa Sawit Way Kanan

Senin 27 April 2020

Rangkaian pelatihan bagi pelatih (Training of Trainer - ToT), ditutup dengan pelatihan tim ICS. Pelatihan bagi tim ICS kelapa sawit Kab. Way Kanan ini dilaksanakan pada 9-10 Maret 2020, di Arnes Central Hotel, Bandar Lampung. Anggota tim ICS ini terdiri dari 15 orang, yang berisi perwakilan petani kelapa sawit swadaya, anggota KTNA Kab. Way Kanan, dan pendamping perkebunan Kabupaten Way Kanan.

Pelatihan Tim ICS ini menitik beratkan pada pentingnya peran tim ICS dalam mengelola system budidaya kelapa sawit, serta administrasi kebun anggotanya, agar sesuai dengan P&C RSPO yang ada. Peranan Tim ICS yang akan menentukan berhasil atau tidaknya proses adopsi prinsip keberlanjutan dalam budidaya kelapa sawit. Dalam pelaksanaannya, ICS akan membantu kelompok/petani dalam hal pengelolaan kebun dan penataan administrasinya serta memonitor kepatuhan penerapan prinsip keberlanjutan. Dalam pelatihan kali ini juga dijelaskan mengenai prospek pengembangan pemasaran hasil pertanian & perkebunan, yang dapat dilakukan kedepannya. Materi tersebut disampaikan oleh praktisi dari PT. Tani Agro Niaga Indonesia. Dalam penyampaian materinya, narasumber menyampaikan bahwa quality control merupakan hal terpenting dari produk pertanian agar bisa dipasarkan.

Dengan adanya pelatihan Tim ICS ini, anggota ICS merasa terbantu dalam memahami tugas dan wewenangnya di dalam kelompok, seperti yang disampaikan oleh Suroso, anggota KTNA dari Kecamatan Pakuan Ratu. “Pelatihan Tim ICS ini sangat bermanfaat, karena dengan ini, kami lebih memahami tugas dan wewenang yang seharusnya”. Ucapnya.

LATEST UPDATE